Tips Hidup Sehat – Menghilangkan Kebiasaan Tidur Mendengkur

MESKI terkesan sepele, mendengkur bisa menjadi sesuatu yang sangat mengganggu, khususnya bagi Anda yang harus tidur di samping seorang pendengkur. Untuk itu, sebelum mereka mengeluh atau menjauhi Anda, ada baiknya melakukan upaya pencegahan sekaligus meredakan kebiasaan Anda itu dengan beberapa cara.

1. Usahakan tidur dengan posisi menyamping
Posisi itu dianggap baik untuk menghindarkan timbulnya dengkuran karena bila berbaring terlentang lidah dan otot pada tenggorok akan tertekan sehingga napas akan terhambat dan menyebabkan dengkuran. Salah satu cara supaya Anda tidak tidur telentang yakni memasang sebuah saku pada punggung piyama kemudian memasukkan sebuah bola tenis ke dalamnya. Bola itu akan membuat Anda tidak nyaman ketika akan tidur telentang sehingga tanpa sadar Anda akan memilih tidur menyamping.

2. Posisi kepala lebih tinggi
Hal ini bertujuan menjaga jalannya napas dengan menyangga leher sehingga tenggorok tak akan terhambat. Lagi pula, tidur dengan posisi bagian atas lebih tinggi daripada bagian bawah bisa membantu mencegah dengkur karena lidah tidak akan menutup jalan napas.

3. Gunakan obat nasal
Penelitian menunjukkan bahwa obat nasal semprot dapat mengusir penyumbatan, sehingga lubang hidung akan tetap terbuka lebar. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari risiko mendengkur.

4. Berhenti merokok
Bagi Anda yang seorang perokok dan peminum alkohol, usahakan kurangi kebiasaan tersebut. Setidaknya hentikan aktivitas itu minimal empat jam sebelum waktu tidur Anda. Tak hanya Anda, perokok pasif juga akan terkena dampak ini karena asap rokok akan membuat jaringan di tenggorokan dan hidung mengalami iritasi hingga bengkak dan menyumbat aliran udara.

5. Bersihkan hidung
Bila merasa hidung Anda tersumbat sesuatu, bersihkanlah dengan obat semprot hidung yang dijual bebas seperti Afrin.

6. Jaga berat badan ideal
Walaupun orang kurus juga bisa mendengkur, mereka yang kelebihan berat badan berisiko tiga kali lipat untuk mendengkur. Jangan makan berlebih 3 jam sebelum tidur, hindari pula camilan bila Anda terbangun di tengah malam. Makan terlalu malam akan membuat otot-otot tubuh, termasuk di tenggorok menjadi santai dan lemas. (Pri/OL-06)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/

Pos ini dipublikasikan di Tips. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s